Royalmix

4 Sumber Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Bulan Puasa

4 Sumber Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Bulan Puasa

Menjelang bulan ramadhan, Mempersiapkan sumber makanan sebagai hidangan sahur maupun berbuka adalah kewajiban, termasuk menyediakan makanan yang penuh gizi.

Biasanya, saat berbuka puasa mereka cenderung membeli makanan atau jajanan khas yang dijual di kaki lima menjelang waktu berbuka, selain praktis juga tidak perlu repot-report untuk masak terlebih dahulu.

Baca Juga : Kenapa Pada Masa Kehamilan Sang Ibu Harus Rajin Dan Rutin Melakukan USG

Sedangkan untuk waktu sahur, tidak jarang banyak yang lebih mengandalkan makanan cepat saji karena praktis dan mudah dibuat. Seperti diketahui, kebanyakan makan makanan yang dijual bebas dipasaran belum tentu jelas gizi serta nutrisinya, hal ini bisa memengaruhi kesehatan tubuh saat puasa, karena pada saat berpuasa harusnya mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi.

Kenapa pada saat puasa nutrisi dan gizi makanan harus dipertimbangkan, hal ini karena  periode waktu berpuasa ini tidak sebentar yaitu satu bulan lamanya. Artinya dalam satu bulan, asupan makanan harus bener bener diperhatikan untuk sebulan kedepannya.

Lalu apa saja kira kira makanan yang harus dikonsumsi selama bulan Ramadhan selama bulan puasa?

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu sumber makanan wajib saat puasa. Saat berpuasa, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk membuat glukosa, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Glukosa adalah sejenis zat gula yang digunakan sebagai energi atau disimpan agar bisa digunakan nantinya. Karbohidrat bisa ditemukan dalam makanan seperti nasi, pasta, Kurma dan roti.Makanan mengandung karbohidrat sangat bagus dikonsumsi pada waktu sahur, agar bisa merasakan manfaat energi selama waktu berpuasa dan tubuh tidak mudah terasa lemas.

Minuman Atau Cairan Meskipun Bukan Dalam Bentuk Makanan

Selain karbohidrat, cairan adalah hal paling penting, karena digunakan untuk mencegah dehidrasi selama puasa. Cairan bisa didapatkan dari minuman seperti air mineral, susu, jus, the dan lain sebagainy tanpa kalori yang berlebihan.

Dari semua jenis minuman, yang paling wajib dan paling penting untuk diminum saat puasa adalah air mineral. Mengapa harus minum air putih? Karena, tubuh menggunakan air di semua sel, organ, dan jaringan tubuh lainnya untuk membantu mengatur suhu dan menjaga fungsi tubuh lainnya. Jika tubuh kehilangan air melalui pernapasan, berkeringat, dan pencernaan.

Selama puasa sebaiknya minum 2 gelas air mineral saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas pada malam hari antara buka dan sahur, dengan begitu tubuh tetap tidak kekurangn cairan dengan baik.

Sayur Dan Kacang-Kacangan

Sayur dan kacang-kacangan menjadi sumber makanan wajib saat puasa. Semua sayur dan kacang-kacangan memberikan kombinasi dari serat larut dan tidak larut. Serat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. Serat larut juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang biasanya memuncak saat mengonsumsi hidangan berbuka puasa khusunya makan dengn rasa manis.

Buah-Buahan

Buah menjadi salah satu makanan wajib saat puasa, kurma salah satunya. Kurma sudah menjadi hidangan legendaris dan favorit bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa. Buah  kurma sangat baik karena kandungan gula alaminya bagus untuk memicu energi tubuh, serta menyediakan mineral seperti potassium, tembaga dan serat yang cukup. Selain Kurma, buah dengan carian yang bagus sebagai sumber vitamin dan mineral adalah seperti buah buah alpukat, jeruk, timun suri, dan blewah.