Royalmix

1

Apa itu Diabetes dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Glukosa meruapakan sumber utama energy bagi manusia, namun juga dapat menjadi penyakit mengerikan bagi tubuh manusia jika mengkonsumsinya berlebihan.

Glukosa yang menumpuk didalam darah akibat tidak diserapnya oleh tubuh dengan baik akan menimbulkan ganguan organ tubuh, maka dari itu, biasanya penyakit diabetes atau gula tersebut disebabkan karena tidak terkontrolnya gula darah dalam tubuh dengan baik sehingga bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan bagi penderita.

Baca Juga : Kandungan Senyawa Teripang Baik Untuk Jantung dan Membunuh Kanker

Penderita Diabetes juga disebabkan karena hormone insulin yang diproduksi oleh pancreas tidak memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulit tersebut, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengelola glukosa menjadi energi. Jadi biasanya penderita diabetes terasa lemas.

Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang telah menyerang banyak orang didunia. Penyakit ini juga bisa menyebabkan gangguan organ tubuh lainnya jika sudah parah, beberapa turunan dari penyakit Diabetes adalah penderita bisa mengalami kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan kondisi serius lainnya.

Lalu bagaimana cara mencegah diabetes supaya tidak menyerang pada tubuh, berikut merupakan tips mencegah diabetes terutama diabetes militus :

Olahraga Teratur

Olahraga atau aktivitas fisik merupakan salah satu solusi dan pencegahaan pertama mencegah penyait gula tersebut. Dengan berolahraga maka akan meingkatkan sensivitas insulin yang ada didalam tubuh.

Pada penderita prediabetes ditemukan bahwa olahraga intensitas sedang meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 51 persen dan olahraga intensitas tinggi meningkatkannya sebesar 85 persen.

Selain olahraga sebagai pencegah diabetes, banyaknya aktifitas fisik secara teratur terbukti mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada orang dewasa yang kelebihan berat badan, obesitas, dan prediabetes. Ini termasuk latihan aerobik, latihan interval intensitas tinggi dan latihan kekuatan.

Minum Air Putih yang Cukup

Air putih merupakan minuman paling alami yang mampu menetralkan gula darah dalam tubuh. Dengan minum air putih akan menghindari kita untuk minum minuman yang tinggi gula, pengawet dan bahan-bahan berbahaya lainnya.

Kurangi Asupan Gula dan Karbohidrat

Makanan manis dan karbohidrat olahan dapat mengakibatkan oang beresiko terkena diabetes melitus.  Peningkatan gula darah yang dihasilkan makanan makanan tersebut akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, hormon yang membantu gula keluar dari aliran darah dan masuk ke sel-sel tubuh. Hal ini yang menyebabkan kinerja pancreas penghasil insulin semakin berat. Untuk itu kurangi konsumsi gula atau karbohidrat olahan yang tinggi. Gantilah makanan tersebut dengan makanan yang rendah gula dan karbohidrat.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengkonsumsi makanan tinggi serat mampu mencegah obesitas. Serat dibagi menjadi dua kategori besar: larut dan tidak larut. Serat larut menyerap air, sedangkan serat tidak larut tidak menyerap air.

Dalam saluran pencernaan, serat larut dan air membentuk gel yang memperlambat laju penyerapan makanan. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara bertahap.  Namun, serat yang tidak larut dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah dan penurunan risiko diabetes.