Royalmix

Bagaimana Cara Menyusui Pasca Operasi Caesar Bagi Ibu dan Bayi

Bagaimana Cara Menyusui Pasca Operasi Caesar Bagi Ibu dan Bayi

Pasca operasi Caesar, para ibu diharuskan untuk tetap dapat memberikan ASI bagi si kecil yang terlahir melalui prosedur ini. hal ini dikaenakan karena proses melahirkan Caesar sangat mempengaruhi imunitas si Bayi.

Baca Juga : Hal yang Perlu Dilakukan Saat Penyembuhan Pasca Kuret agar Cepat Pulih

Si Kecil yang meningkat dari operasi Caesar bisa jadi sikecil tidak mendapatkan bakteri yang baik dari jalur lahir saat proses persalinan berlangsung. Kekurangan bakteri dalam tubuh sang ibu dapat menyebabkan sikecil lebih mudah terkena penyakit. Oleh karena itu, upaya mempersembahkan ASI eksklusif atau menyusui sanat penting dilakukan untuk mendukung imunitas tubuh si Kecil yang terlahir dengan cara caesar.

Persiapan Menyusui Setelah Operasi Caesar

Tidak sedikit ibu yang merasa kesulitan untuk menyusui setelah melalui operasi Caesar. Hal ini karena keluhan keluhan yang umum dirasakan sang ibu saat menyusui seperti sakit akbat luka bekas operasi, syringe dan sulit bergerak pasca operasi Caesar.

Ibu yang harus mengalami operasi, ternyata juga mempengaruhi suplai ASI menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan proses melahirkan secara normal. Untuk itu dibutuhkan cara-caa yang biasa mendorong upaya sang ibu bisa menyusui setelah operasi Caesar.

Cara Mendukung Inisiasi Menyusui Pasca Operasi Caesar

Untuk membantu Sang Ibu dan si Kecil mendapatkan manfaat dari inisiasi menyusui pasca operasi caesar, Mama membantu untuk melakukan hal-hal seperti selalu melakukan kontak kulit dengan bayi dalam 24 jam pertama usai melahirkan.

Selain itu selalu mencoba untuk menyusui sesering mungkin suplai ASI cukup, hal ini dapat dilakukan dengan meminta bantuan perawat atau dokter bagaimana cara membina menyusui yang paling nyaman dan aman baik untuk sang ibu atau si kecil.

Selain itu cobalah untuk menyusui bayi sesering mungkin untuk memenuhi asupan dan suplay ASI cukup. Jika diperlukan si ibu bisa meminta bantuan kepada perawat, bidan atau dokter tentang bagaimana cara memerah ASI untuk merangsang suplai ASI.

Demi kenyamanan sang ibu dan si kecil, cara menyusui yang paling nyaman sangatlah penting. Terlebih saat luka perut pasca operasi masih terasa, untuk itu gunakanlah bantal untuk melindunginya saat menyusui.

Tidak kalah penting adalah dukungan dari orang terdekat dari ibu seperti suami, hal ini juga dapat mempengaruhi upaya menyusui. Bagi pasangan terutama, usahakan untuk siap membantu mulai dari proses melahap, operasi Caesar proses fokus menyusui dan beristirahat di masa pemulihannya.

Terakhir, adalah selalu minum dan makan makanan sehat untuk memeperlacar ASI dan minum Suplemen untuk penyembuhan Caesar .