Royalmix

Bagaimana Cara Penyembuhan atau Pemulihan Pasca Kuret

Bagaimana Cara Penyembuhan atau Pemulihan Pasca Kuret

Kuret bisa terjadi disebabkan karena janin yang sudah tidak dapat berkembang, dan terpaksa dilakukan karena ibu telah mengalami keguguran. Pasca Kuret biasanya perut terasa kram dan membutuhkan penyembuhan dan pemulihan pasca kuret.

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Mental yang Dapat Muncul di Masa Kehamilan dan Penyababnya

Tentunya hal terebut membuat sang ibu kurang merasa nyaman, terkadang juga muncul bercak darah seperti haid dan membuat sang ibu sangat tidak mood untuk melakukan aktiitas harian.

Untuk itu bagaimana cara penyembuhan dan pemulihan bagi ibu yang mengalami keguguran dan pasca operasi kuret? Berikut adalah hal yang harus dilakukan:

Beristirahat Saat Perut Kram

Efek samping yang umum terjadi setelah setelah perasi kuret adalah ketika ibu mengalami kram ringan di daerah perut dan sekitarnya. Untuk itu disarankan untuk beristirahat sakit yang dirasakan berangsur-angsur menghilang.

Bila sang ibu rentan rentan dengan rasa sakit, ada kemungkinan dokter akan memberikan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol untuk meredakan nyeri. Kuret biasanya mempengaruhi pendarahan dan sakit kepala, namun menghindari konsumsi aspirin karena akan mengakibatkan perdarahan.

Menggunakan Pembalut

Seperti layaknya wanita yang sedang diperiksa, efek samping lainnya setelah prosedur kuret yang bisa terjadi adalah kelompok bercak darah hingga perdarahan ringan. Untuk itu penyembuhan pasca kuret yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pembalut agar lebih aman dan nyaman.

Obat pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter pada umumnya dapat meningkatkan perdarahan, Untuk itu, penggunaan pembalut yang tepat dan nyaman sangat disarankan demi mudahnya aktiitas sang ibu.

Melakukan Aktivitas Dan Olahraga Ringan

Meskipun perut terasa kram dan merasakan ketidaknyamanan di area tubuh lainnya pasca operasi kuret, Ibu diharapkan tetap melakukan aktivitas ringan. Aktivitas atau olahraga ringan merupakan salah satu penyembuhan dan perawatan pasca kuret. Sebagai contoh, coba berjalan kaki sekaligus melakukan peregangan ringan untuk mengaktifkan kembali otot. Hal ini dilakukan agar otot tetap kuat dan mencegah penggumpalan darah di bagian kaki.

Selain melakukan kegiatan diatas, sang ibu juga wajib mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta suplemen-suplemen yang dapat mencegah pendarahaan dan membuat darah cepat kering. Jangan lupa selalu konsultasikan semuanya ke dokter.