Royalmix

Berikut Suplemen Vitamin Untuk Anak yang Susah Makan

Berikut Suplemen Vitamin Untuk Anak yang Susah Makan

Beberapa orang tua memberrikan suplemen vitamin pada adak sebagai solusi untuk menambah nutrisi pada anak, terutama bagi mereka anak-anak yang tidak nafsu makan sehingga kebutuhan nutrisi untuk anak menjadi kurang. Terkadang orang tua bertanya? Kenapa sih kebutuhan akan makan anak-anak terkadang masih kurang? Ini disebabkan karena anak anak biasanya lebih suka makanan yang manis dan berpenyedap rasa. Untuk itu hal hal tersebut harus dikurangi dan sedikit dihindari.

Perlu diketahui bagi orang tua, memberikan suplemen atau vitamin dengan kandungan omega-3 adalah hal yang harus diprioritaskan. Karena mereka adalah dimasa masa pertumbuhan. Bila dibiarkan,  bisa berdampak buruk pada proses tumbuh kembangnya, berat badan menurun drastis, dan bahkan berisiko mengalami kekurangan gizi.

Baca Juga : Pada Masa Pertumbuhan Anak-Anak Sebaiknya Banyak Makan Ikan, Ini Manfaatnya

Untuk meningkatkan nafsu makan Si Kecil, orang tua harus memberikan asupan vitamin. Ada beberapa jenis vitamin anak sebagai pengganti nutrisi yand dipercaya meningkatkan nafsu makan dan melengkapi nutrisinya, antara lain:

Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting yang perlu dipenuhi untuk mendukung proses tumbuh kembang anak secara keseluruhan. Vitamin A berperan dalam memelihara kesehatan kulit dan mata, mendukung pertumbuhan tulang yang kuat, dan memperkuat daya tahan tubuh anak. Anak usia 1–9 tahun membutuhkan sekitar 400–500 RE vitamin A per hari.

Vitamin B Kompleks

Asupan vitamin B kompleks membantu anak lebih berenergi dan meningkatkan nafsu makannya. Vitamin B kompleks juga berperan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya.

Vitamin C

Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan mampu menjaga daya tahan tubuh anak tetap kuat sekaligus membantu penyerapan zat besi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Zat besi berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah, mencegah anak terkena anemia, dan menambah nafsu makan anak. Guna melengkapi nutrisi dan mendukung tumbuh kembangnya, anak usia 1 tahun ke atas memerlukan vitamin C sebanyak 40–45 mg per hari.

Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan menjaga daya tahan tubuh. Vitamin D juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak, terutama pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi. Anak usia 2 tahun ke atas membutuhkan vitamin D sebanyak 15 mikrogram (mcg) setiap harinya. Vitamin D bisa diperoleh secara alami dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi dan dari asupan makanan, seperti ikan, telur, susu, dan keju.

Selain keempat vitamin tersebut, zat gizi lain yang juga bisa meningkatkan nafsu makan anak adalah zinc serta omega 3 dan 6 yang terdapat pada minyak ikan atau dengan menambahkan Suplemen yang Mengandung Omega 3. Selain itu, nutrisi yang diperlukan masih bisa diperoleh dari berbagai sumber alami, seperti asupan makanan dan minuman bergizi.