Royalmix

Cara Menghitung Masa Subur yang Akurat Agar Lekas Hamil

Cara Menghitung Masa Subur yang Akurat Agar Lekas Hamil

Kehamilan merupakan momen yang dinanti-nanti oleh sejumlah pasangan suami istri. Banyak pasangan suami istri yang ingin melakukan hubungan segera dikaruniai momongan. Untuk itu kedua pasangan harus tau kapan masa subur dan ovulasi akan terjadi. Agak pula, jika pasangan tersebut mencegah kehamilan, masa subur juga harus diperhitungkan tidak kebobolan.

Lalu kapan masa subur? Masa subur tergantung kapan ovulasi terjadi. Masa paling subur wanita adalah hari pertama atau kedua ovulasi, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur. Namun calon ibu bisa saja terjadi kemungkinan untuk hamil pada hari-hari menjelang ovulasi, karena sperma bisa bertahan selama beberapa hari di dalam rahim.

Baca Juga : Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari Oleh Sang Calon Ibu

Lalu bagaimana cara menghitung ovulasi? ovulasi yang terjadi sekitar 14 hari sebelum seseorang wanita menstruasi berikutnya siklus bulanannya adalah 28 hari, sedangkan rata-rata siklus menstruasi wanita adalah antara 28 dan 32 hari. Tidak menutup kemungkinan juga beberapa wanita yang memiliki siklus yang lebih pendek, sementara yang lain memiliki siklus yang lebih lama.

Untuk waktu ovulasi, rata-rata wanita berovulasi antara hari ke 11 dan 21 dari siklus mereka. Hari pertama menstruasi terakhir (HPHT) adalah hari pertama siklus. Menstruasi biasanya berlangsung dari 3 hingga 7 hari. Perlu diketahui ovulasi tidak selalu terjadi pada hari yang sama setiap bulannya dan dapat bervariasi satu hari atau lebih.

Para dokter menyebutkan bahwa siklus ovulasi sebagai masa subur karena kehamilan kehamilan paling tinggi saat ini. Misalnya, Jika wanita berovulasi pada hari ke-14, maka bisa hamil pada hari itu atau dalam 24 jam berikutnya. Namun, masa subur wanita sebenarnya sudah dimulai beberapa hari sebelum ovulasi karena sperma dapat bertahan hingga 5.

Jadi, meskipun tidak berhubungan seks pada hari ke 14 atau 15, maka masih ada kemungkinan hamil bila melakukan hubungan seks tanpa pengaman pada hari ke 9 sampai 13. Berikut adalah contoh hari untuk memungkinkan hamil

1–7 Menstruasi: Tahap paling sedikit subur

8–9 Pasca menstruasi: Persetujuan untuk hamil

10–14 Hari menjelang ovulasi: Paling subur

15–16 Pasca ovulasi: Kemungkinan untuk hamil

17–28 Penebalan lapisan rahim: Kurang subur, tidak mungkin untuk hamil

Jadi untuk memaksimalkan kemungkinan hamil, calon ibu harus membina hubungan seksual yang terjadi selama 2 sampai 3 hari menjelang, dan masuk ovulasi. Jangan lupa juga suplemen suplemen untuk menunjang masa subur dan mempercepat penyembuhan pasca melahirkan.