Royalmix

Cara Menjalankan Puasa Ramadhan Saat Hamil Muda

Cara Menjalankan Puasa Ramadhan Saat Hamil Muda

Bagi pasangan muda, dan saat hamil menjelang dibulan ramadhan merupakan tantangan, khususnya bagi Ibu hamil. Lalu apakah saat hamil muda sang ibu boleh menjalankan puasa? Hal tersebut tentunya tergantung dari kondisi janin. Bagi beberapa ibu hamil mungkin tidak masalah, namun bagi beberapa ibu hamil akan kehamilan. Terpenting adalah saat hamil muda dan ingin menjalankan puasa, kebutuhan nutrisi yang terpenting bagi tubuh.

Lalu apakah boleh menjalankan ibadah puasa saat sang ibu hamil muda?

Ibadah puasa merupakan pilihan bagi ibu yang sedang hamil muda, karena kemampuan setiap wanita hamil berbeda-beda. Ini semua tergantung dari kondisi tubuh secara keseluruhan, mulai dari perkembangan kehamilan hingga kondisi tubuh ibu sendiri.

Baca Juga : 4 Sumber Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Bulan Puasa

Doa ibadah puasa saat hamil tentunya akan mengalami risiko. Yang terpenting adalah terpenuhinya nutrisi tubuh bagi ibu dan calon bayi yang ada didalam kandungan. Perlu diketahui bahwa hamil bayi merupakan tahap di mana kehamilan sedang membutuhkan banyak bayi. Sehingga, menjalankan puasa pada saat ini dapat meningkatkan risiko memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah. Selain itu bisa terjadi juga dehidrasi, karena puasa dapat menurunkan fungsi ginjal dan jumlah cairan untuk asupan bayi yang ada dalam kandungan.

Namun tidak perlu khawatir, bahwa ibu hamil yang berpuasa dengan asupan gizi yang tepat tidak memberikan dampak pada pertumbuhan bayinya dan waktu kelahiran bayi. Jadi puasa saat hamil atu tidak kembali ke masing-masing yang akan menjalankannya, asalkan kebutuhan nutrisi ibu dan bayi terpenuhi. Hal ini penting mencegah kemungkinan bayi lahir dengan badan rendah, prematur, dan kemungkinan buruk lainnya.

Tips Doing Puasa Saat Hamil Muda

Doing puasa saat hamil muda bukan merupakan suatu hal yang mudah. Walaupun puasa sang ibu harus tetap menjaga agar selalu memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Hal ini diperlukan untuk sang ibu dan juga bayi dalam kandungan. Perlu diingat, kebutuhan gizi bagi sang ibu meningkat selama hamil. Jadi, harus makan lebih banyak saat puasa.

Nah..Berikut ini merupakan tips agar Anda tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Anda saat puasa:

Minum Banyak Air Mineral

Saat hamil muda saatnya baik minum air putih atau mineral saat berbuka setidaknya dua liter setiap harinya, khususnya saat sahur. Hal ini penting tentang pentingnya terhindar dari dehidrasi saat puasa. Jika sangat merasa haus, lemas, pusingkan, dan ingin pingsan di tengah-tengah puasa, sebaiknya batalkan puasa untuk mencegah kemungkinan hal buruk yang bisa terjadi, khususnya bagi bayi yang ada dalam kandungan.

Untuk tidak mudah terkena dehidarasi, hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda karena minuman ini mendorong lebih banyak cairan hilang dari tubuh sehingga mudah terasa haus.

Makan Makanan Yang Bergizi

Saat hamil muda dan menjalankan puasa, konsumsilah berbagai macam jenis makanan yang bergizi , sehingga kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral terpenuhi dengan baik.

Disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi per hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Pastikan juga mengonsumsi makanan sumber folat, zat besi, vitamin A, dan kalsium, yang bisa diperoleh dari sayuran hijau, daging, dan susu. Zat-zat gizi tersebut penting penuhi di masa-masa awal kehamilan.

Konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi tapi nol zat gizi. Makanan ini hanya akan membuat kenyang tapi tidak menyumbang banyak gizi dan nutrisi.

Cukup Istirahat

Agar tidak merasa lelah saat puasa ketika hamil muda maka perbanyaklah istirahat. Hal ini juga akan memberikan energi yang digunakan. Lakukanlah tidur siang beberapa jam, jangan merasa nyaman saat berpuasa. Kurangi aktivitas berat dan olahraga selama puasa.