Royalmix

Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari

Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari Oleh Sang Calon Ibu

Kehamilan adalah momen yang ditunggu oleh banyak wanita. Namun tidak jarang dari para wanita yang melihat dirinya hamil atau tidak. Sebab ciri-ciri kehamilan dalam waktu satu bulan tidak disadari dan jarum suntik dengan kondisi kesehatan lainnya

Secara signifikan biasanya terjadi pada perubahan fisik dalam tubuh dan hubungan dengan gangguan kesehatan seperti stres, perut terasa mual hingga muntah yang karena aktifitas fisik yang berlebihan atau masuk angin.

Padahal hal tersebut bisa gejala gejala hamil dimingu pertama. Untuk itu sang ibu harus tau ciri-ciri hamil pada waktu 1-4 minggu pertama yang bisa dirasakan. Rata-rata ibu yang mengalami hal ini tidak nyaman pada fisik dan gangguan pada psikologis.

Baca Juga: Bahaya Pemanis Buatan untuk Anak-Anak, Bagaimana Cara Menyeimbanginya

Lalu apa saja sebenanya menunjukkan ciri yang menandakan sudah hamil saat 1 bulan petama. Berikut adalah ciri umum yang bisa dirasakan dan dilihat oleh calon sang ibu:

Sering Buang Air Kecil Dan Konstipasi

Hal pertama yang sering dibuat oleh ibu hamil adalah seringnya beser atau buang air kecil. Hal ini disebabkan karena tekanan dan perubahan pada usus yang bisa menyebabkan sembelit. Sembelit atau adanya gangguan pencaharian dan tidak bisa buang udara besar secara lancar bisa saja dari hamil 1 bulan.

Kelelahan

Setiap ibu yang hamil kehamilan pasti merasa sangat bahagia pada minggu-minggu pertama. Hal ini disebabkan karena banyaknya energi yang dikeluarkan secara alami untuk menjaga janin agar tetap aman. Tanpa disadari, biasanya para ibu menganggapnya adalah karena akibat aktifitas fisik.

Merasa Mual

Rasa mual disebabkan karena meningkatkan hormon Human chorionic gonadotropin (hCG). Rata-rata sebagian besar wanita merasakan morning sickness saat awal kehamilan. Untuk itu sering cek ke dokter pada saat merasa mual dan muntah selama berhari-hari, untuk melihat gangguan gangguan pencernaan atau kehamilan.

Payudara Bengkak

Ini adalah salah satu tanda paling umum di awal kehamilan. Payudara terisi untuk mempersiapkan ASI ketika Bunda menyusui setelah melahirkan. Selain bengkak, payudra menjadi sangat lunak dan sensitif. Sayangnya, salah satu tanda jelang adalah payudara yang bengkak bahkan nyeri.

Sehingga, beberapa perempuan sering menganggap dia akan haid. Padahal, payudaranya membengkak karena sedang ada janin di rahim. “Tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika menggunakan pil KB,” ujar ahli laktasi, Teresa Pitman.

Kram Serta Timbul Bercak

Usia kehamilan 1 hingga 4 minggu biasanya akan timbul kram hingga bercak, kebanyakan dari para ibu menganggapnya sebagai gejala gejala sedang. Padahal bisa saja kontraksi rahim saat darah akan keluar juga bisa membuat perut kram.

Adanya bercak darah syringe tetesan darah di hari-hari awal. Padahal, tanpa disadari itu ciri-ciri hamil muda. Bercak darah tersebut adalah sel telur yang dibuahi akan menciptakan blastokista. Ini adalah sel yang berisi cairan yang akan berkembang menjadi organ tubuh bayi.

Areola Menghitam

Bagi beberapa wanita perubahan hormon saat hami bisa menyebaban susu atau aerola menjadi hitam dan lebih lebar. Hal tersebut adalah alami, karena respons tubuh untuk mempersiapkan produksi ASI ketika ibu menyusui nantinya.

Penciuman Menjadi Sensitif

Banyak wanita merasa punya indra penciuman yang sensitif selama hamil. Untuk itu biasanya para wanita hami biasanya sangat peka terhadap bau parfum atau makanan tertentu. Untuk itu para ibu yang sedang hamil rata-rata berusaha menghindari bau makanan yang menyengat.

Perubahan Suasana Hati

Perubahan mood adalah hal yang sangat wajar pada wanita hamil, termasuk perubahan emosi yang terjadi selama kehamilan. Karena hormon yang berfluktuasi pada ibu hamil juga berpengaruh pada kondisi psikologis ibu hamil. Jadi wajar jika wanita hamil biasanya lebih sensitif dari segi emosi.

Terasa Pusing Dan Seperti Ingin Pingsan

Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh juga mempengaruhi detak jantung untuk memompa darah, sehingga menyebabkan kondisi tekanan darah menurut. Termasuk saat terbentuknya embiro di rahim, banyak darah yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang embrio yang bakal jadi janin bayi. Inilah alasan banyak ibu hamil merasa pusing dan ingin pingsan di awal kehamilan.

Sering Merasa Lapar

Wajar jika ibu hamil sering merasa lapar, karena kalori rata-rata yang ada didalam ibu hamil banyak diserap untuk pertumbuhan embrio si calon bayi yang ada dalam perut. Untuk itu ibu yang sedang hamil membutuhkan rata-rata 200 kandungan kalorinya, perharinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan Mengkonsumsi Suplemen untuk ibu hamil tetap dalam kondisi fit dan sehat