Royalmix

Gangguan Elektrolit dan Cairan Tubuh Bisa Berakibat Fatal, Cara Mencegahnya

Gangguan Elektrolit dan Cairan Tubuh Bisa Berakibat Fatal, Berikut Cara Mencegahnya

Elektrolit adalah cairan mineral yang sangat penting pada tubuh agar tubuh berfungsi normal. Ketiak seimbangan jumlah elektrolit dalam tubuh akan mengakibatkan masalah serius pada kesehatan. Untuk mencegah kekurangan caritan pada tubuh, wajib hukumnya untuk mencegah kekurangan jumlah elektrolit.

Elektrolit sendiri terdiri dari beberapa zat yang berguna bagi tubuh manusia, di antaranya adalah klorida, kalium, kalsium, magnesium, fosfat, dan bikarbonat. Beberapa mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan menjaga keseimbangan berfungsi secara nomal.

Baca Juga : Hati hati dengan Toksisitas Gula atau Hiperglikemia, Berikut Cara Mencegahnya

Kadar elektrolit tersebut dapat meningkat dan menurun seiring perubahan kondisi cairan tubuh sesuai dengan kondisi tubuh. Namun, ketidakseimbangan elektrolit yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti kejang, koma, hingga serangan jantung yang berakibat fatal. Untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh dapat mengakibatkan dehidrasi. Saat mengalami dehidrasi, jumlah elektrolit menjadi tidak seimbang. Untuk itu kebutuhan cairan tubuh setiap hari harus dijaga seperti minum segelas air putih setiap selesai makanan, minum sebelum terasa benar-benar haus, konsumsi makanan yang tinggi kandungan air nya seperti sup, buah semangga, melon, jeuk, tomat dan sayuran seperti selada. Selain itu, bawalah jus tanpa gula atau infused water

Tidak Minum Air Putih Secara Berlebihan

Cairan tubuh memang sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Tetapi, berlebihan dapat mengganggu keseimbangan juga dan akan melarutkan beberapa elektrolit, sehingga jumlah elektrolit dalam tubuh berkurang.

Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan dari terlalu banyak minum air putih adalah hiponatremia, atau rendahnya kadar natrium dalam darah. Kondisi sakit dengan tekanan darah rendah, kepala, mual hingga muntah-muntah jika kondisi semakin parah.

Konsumsi Minuman Elektrolit Setelah Olahraga

Saat berolahragaa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Kondisi tersebut membuat rentan mengalami keseimbangan cairan tubuh, biasanya badan terasa lemas, haus dan letih. Kondisi inilah yang menandakan tubuh terlalu banyak mengeliarkan elektrolit yang biasanya dikeluarkan melalui keringat selama berolahraga. Untuk mencegahnya juga dapat mengkonsumsi yang biasa dijual dipasaran yang biasanya lengkap dengan kandungan mineral didalamnya.

Akan tetapi juga perlu diperhatikan jenis Sport Drink, karena jenis minuman olahraga mengandung pemanis buatan untuk meningkatkan rasanya. Sedapat mungkin, pilihlah minuman olahraga dengan kandungan gula paling rendah. Jika tidak menemukan minuman olahraga, alternatif lain adalah ai kelapa muda atau air infus.

Mengonsumsi Sumber Mineral

Selain kebutuhan cairan, menjaga kecukupan mineral juga mencegah gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit. Sumber mineralal tersebut dapat diperolah dari berbagai makanan Natrium (roti, kue kering, keju, dan garam), Klorida (garam), Kalium (pisang, alpukat, dan ubi), Magnesium (biji-bijian dan kacang-kacangan), Kalsium (sayuran berdaun hijau serta susu dan berbagai produknya atau memakan bahan-bahan yang kaya akan mineral Kandungan.

Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit bisa menjadi kondisi yang membahayakan jiwa. Untuk itu selalu pertahankan keseimbangan elektrolit dalam cairan tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.