Royalmix

Ingin Cepat Sembuh Pasca Operasi Caesar, Berikut Tips Bagi Ibu

Menanti kelahiran sang buah hati merupakan moment yang ditunggu-tunggu bagi sang ibu. Ada yang berharap bisa lahir normal, namun ada juga yang harus dilakukan operasi Caesar karena kondisi ibu dan calon buah hati.

Periode pasca persalinan memang waktu yang menantang bagi ibu dan keluarga. Terlebih saat harus menjalani operasi caesar. Oleh sebab itu, penting bagi ibu untuk merawat diri hingga benar-benar pulih total pasca operasi Caesar tersebut.

Baca Juga  : Ini Dia Gangguan Metabolik pada Anak yang Harus Ibu Ketahui

Untuk itu disini ada beberapa tips bagi si Ibu yang harus menjalani opeasi Caesar. Berikut adalah yang bisa para ibu lakukan untuk mempercepat proses pemulihan pascaoperasi caesa

Bangun Dari Tempat Tidur

Setelah melakukan operasi Caesar, hari berikutnya ibu akan disarankan untuk bangun dari tempat tidur, atau jalan ke kamar mandi. Kondisi ini akan membantu proses penyembuhan pasca operasi. Hal ini dilakukan supaya terbiasa bergerak dengan luka sayatan Caesar. Disini ibu harus bergerak secara berlahan-lahan, efek sampingnya biasanya akan mengalami sesak nafas atau sedikit pusing.

Saran untuk Berkemih

Setelah mampu untuk bergerak dan menuju ke kamar mandi, dokter atau perawat bisanya meyarankan untuk berkemih. Berkemih setelah kateter dilepas kadang-kadang bisa terasa sakit. Untuk itu, mintalah tips atau saran dari perawat atau petugas kesehatan yang ada di rumah sakit agar lebih mudah untuk berkemih.

Gunakan Bantalan Mestruasi

Pasca operasi Caesar, biasanya rahim ibu akan mengalami penyusutan uterus ke ukuran sebelum hamil. Pada saat kondisi ini biasanya ibu akan mengalami pendarahan hebat atau darah nifas. Rata-rata kondisi ini bisa berlangsung selama 6 minggu. Untuk itu sediakan bantalan menstruasi (absorbent menstrual) agar darah terserap dengan baik. Ibu bisa memperoleh absorbent menstrual yang bisa didapatkan di rumah sakit atau alat alkes. Perlu diingat, jangan menggunakan tampon dalam kondisi tersebut.

Perbanyak Aktivitas RIngan

Untuk tetap selalu dalam kondisi sehat dan menggerakkan otot, lakukanlah latihan jalan-jalan secara berlahan pasca operasi. Jika tidak memungkinkanb bisa melakukan dengan aktifitas ringan seperti  menggerakkan kaki, tangan, atau tubuh secara perlahan. Aktifitas ini bisa membantu mempercepat pemulihan pascaoperasi aesar

Hindari Aktivitas Berat

Pasca Operasi Caesar Ibu disarankan untuk meminimalisir aktivitas harian, , hindari mengangkat sesuatu yang lebih berat daripada bayi ibu. Karena dengan mengangkat beban berat bisa saja akan membuka luka operasi.

Cukupi Cairan Tubuh dan Makanan Sehat

Pastikan tubuh mendapatkan cairan agar tidak terjadi dehidrasi. Selain itu, konsumsi makanan sehat kaya serat agar terhindar dari sembelit. Setelah operasi caesar, ibu perlu menghindari mengejan terlalu keras saat buang air besar untuk menghindari sakit pada luka jahitan.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin dan nutrisi. Ibu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk membantu proses pemulihan sekaligus mencegah infeksi.

Merawat Luka Bekas Jahitan

Proses penyembuhan luka jahitan sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat asal luka tersebut juga dirawat dengan baik dan tidak mengalami infeksi. Selalu rawat luka jahitan dan selalu dibersihkan saat mandi, gunakan air hangat dan minta saran tenaga medis untuk merawat luka tersebut secara mandiri. Jaga selalu kebersihan luka hingga luka benar-benar sembuh total.