Royalmix

Inilah Waktu Ideal dan Tips Olahraga Pasca Melahirkan Caesar

Inilah Waktu Ideal dan Tips Olahraga Pasca Melahirkan Caesar

Seorang ibu yang melahirkan bayi setelah operasi Caesar tentunya butuh waktu lama untuk pulih kembali dengan melahirkan secara normal. Proses ini membutuhkan perawatan yang cukup intens dibandingkan dengan saat melahirkan normal. Untuk operasi Caesar tentunya berbeda dengan kondisi masing-masing ibu.

Setelah beberapa waktu pasca operasi Caesar inilah yang akan mempengaruhi seorang ibu untuk melakukan olahraga kembali usai persalinan.

Baca Juga : Kandungan Royal Jelly Mampu Menyembuhkan Atasi Luka Operasi Caesar, Berikut Penjelasannya

Beda waktu pemulihan setelah (pasca) melahirkan normal dan operasi caesar inilah yang memengaruhi kapan ibu boleh melakukan olahraga usai persalinan. Berbeda dengan kondisi melahirkan dengan normal, ibu bisa melakukan olahraga segera setelah bayi lahir.

Namun kondisi ini sangat berbeda dan harus berhati-hati jika seorang ibu ingin memulai olahraga kembali tetapi saat melahirkan dengan cara Caesar. Untuk ibu dalam kondisi melahirkan Caesar, umumnya butuh waktu sekitar 6-8 minggu untuk beristirahat sebelum bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Bahkan, mungkin butuh waktu istirahat yang lebih lama lagi bila ada komplikasi atau infeksi pada luka bekas operasi caesar.

Apabila setelah 6 minggu ibu sudah merasa bugar dan dokter sudah memberikan ijin maka sah sah saja untuk melakukan olahraga setelah melahirkan caesar. Nah, berikut adalah beberapa olahraga yang bisa dilakukan si Ibu pasca melahirkan khususnya pasca operasi Caesar:

Senam Nifas

Olahraga ini tergolong aman bagi ibu pasca Caesar, senam nifas bisa termasuk kegiatan olahraga seperti jalan santai, jalan cepat, senam latihan otot pinggull, berenang hingga yoga. Jenis olahraga tersebut menyehatkan tapi tidak menyebabkan tekanan pada luka bekas operasi setelah (pasca) melahirkan normal dan operasi caesar.

Latihan Mengangkat Kedua Kaki Secara Bergantian

Berikutnya adalah latihan mengangkat kedua kaki lurus bergantian ke atas bisa dilakukan sembari berbaring.Jika pada saat mengangkat kaki merasa kesakitan saat khususnya di daerah sayatan, ini tandanya si ibu terlalu cepat untuk mulai berolahraga. Lakukan pelan pelan dengan penuh jeda.

Latihan Memperbaiki Postur Tubuh Saat Berdiri

Bila latihan mengangkat kedua kaki saat berbaring dirasa belum memungkinkan, olahraga alternatif adalah dengan latihan memperbaiki postur tubuh saat berdiri dan sesering mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengn cara gerakan, lalu mengangkat tubuh ke atas secara pelan pelan.

Latihan Memperkuat Otot Perut

Bila latihan memperbaiki postur tubuh sudah benar, barulah beberapa bulan setelahnya saat dirasa sudah nyaman ibu dapat memulai olahraga yang kuat otot perut dengan membaringkan tubuh dan menekuk kedua kaki. Lakukan hal ini 10-20 repitisi secara pelan-pelan.

Nah, supaya jaringan otot perut bisa pulih kembali dan luka operasi pasca operasi caesar cepat pulih, hendaknya minum suplemen yang bisa mempercepat penyambuhan dan mengeringkan luka pasca operasi caesar