Royalmix

Kandungan Senyawa Teripang Baik Untuk Jantung dan Membunuh Kanker

Teripang merupakan salah satu hewan tidak bertulang belakang yang hidup didasar laut, hewan ini diyakini memiliki banyak khasiat dan di asia tenggara khususnya selain sebagai bahan makanan juga sering digunakan untuk pengobatan tradisional.

Teripang atau disebut dengan timun laut bisa dimakan dalam kondisi segar maupun dalam kondisi kering. Banyak manfaat teripang bagi kesehatan bagi manusia karena kandungan nutrisi teripang yang terdiri dari lemak, kalori, protein, vitamin A, B2, B3, mineral, kalsium, magnesium.

Selain kaya akan protein, Teripang juga mengandung senyawa-senyawa seperti cairan coelomic, yaitu senyawa kimia dengan fungsi serupa sel darah putih manusia. Chondroitin sulphate, senyawa yang ada dalam tulang rawan manusia. Squalene, yaitu senyawa yang digunakan untuk memproduksi steroid Asam palmitat, asam stearat dan asam linoleat, yaitu jenis-jenis asam lemak yang merupakan antioksidan. Triterpenoid, yaitu senyawa yang diduga bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Senyawa-senyawa tersebut tentunya sangat berguna sekali bagi tubuh manusia.

Baca Juga : Penelitian Kandungan Ikan Gabus yang Diyakini Mampu Mencegah Penularan Virus Covid 19

Lalu seperti apa manfaat teripang yang cukup menjanjikan bagi dunia kesehatan serta manusia saat ini?

Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menghasilkan bukti-bukti mengenai manfaat teripang untuk memperbaiki kondisi gangguan metabolisme yang menyebabkan penyakit kardiovaskular (Jantung) . Dengan makan makanan yang mengandung teripang mempunyai efek penurunan signifikan pada kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL.

Selain sehat untuk jantung, dengan memakan teripang maka akan membantu penurunan tekanan darah bagi mereka yang mempunyai darah tinggi. Selain itu  manfaat teripang juga  mengurangi risiko terjadinya atherosclerosis atau pengerasan pembuluh darah jantung maupun penyakit jantung.

Mengobati dan Menghambat Sel Kanker

Beberapa penelitian, kandungan senyawa dalam teripang berpotensi memiliki efek antikanker. Bukti yang didapat memang baru berdasarkan uji di laboratoriu. Suatu riset menemukan bahwa senyawa Frondanol-A5P di dalam timun laut atau teripang tersebut bermanfaat untuk membantu pengobatan kanker pankreas, sel kanker darah, sel kanker kolon, sel kanker hati, sel kanker paru-paru hingga serta sel kanker payudara.