Royalmix

1

Kenali Gangguan Metabolik Sindrom pada Tubuh Anda

Saat seseorang mengalami gangguan metabolisme, maka proses metabolism didalam tubuh akan terganggu, sehingga menyebabkan produksi enegi untuk menjalankan fungsi tubuh juga tidak maksimal.  Hal ini kemungkinan terjadi kelainan dalam proses metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses penguraian nutrisi dari makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Penyebabnya adalah beberapa nutrisi yang menjadi sumber energi atau kalori dalam tubuh tidak bisa diserap secara sempuna oleh tubuh, Sehingga nutrisi yang merupakan sumber energi atau kalori seperti karbohidrat, gula, protein, dan lemak tidak dapat berfungsi sempurna. Salah satu gangguan Metabolik tubuh yang paling terkenal adalah diabetes, dan ini adalah penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh anda.

Baca Juga : Waspadai Jika Tubuh Kekurangan Zat Albumin

Ada banyak jenis gangguan metabolic yang sebenarnya jumlahnya tak terhitung, namun disini dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu gangguan metabolism karbohidrat, gangguan metabolisne lemak

Gangguan metabolisme lemak

Penyakit yang termasuk kelompok gangguan metabolisme lemak antara lain:

  • Penyakit Tay-Sachs, Penyakit Tay-Sachs mengakibatkan penumpukan lemak di otak.
  • Xanthoma, Gangguan pada kulit yang muncul akibat adanya penumpukan lemak di bawah permukaan kulit.
  • Penyakit Gaucher, Penyakit Gaucher adalah penyakit yang membuat tubuh tidak mampu memecah lemak, sehingga lemak menumpuk di hati, limpa, dan sumsum tulang. Gangguan ini akan memicu kerusakan tulang.

Gangguan Metabolisme Karbohidrat

Beberapa contoh penyakit yang termasuk dalam kelompok gangguan metabolisme karbohidrat atau gula adalah:

  • Sindrom McArdle, Suatu kelainan yang menyebabkan tubuh tidak mampu memecah glikogen. Glikogen adalah bentuk gula yang tersimpan di seluruh jaringan tubuh, terutama otot dan hati.
  • Diabetes, Diabetes mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat.
  • Galaktosemia, Galaktosemia merupakan kelainan metabolisme yang menyebabkan tubuh tidak mampu memecah gula jenis galaktosa dengan baik. Galaktosa adalah jenis gula yang terdapat dalam susu.

Gangguan metabolisme protein

Beberapa jenis penyakit yang termasuk dalam kelompok gangguan metabolisme protein adalah:

  • Alkaptonuria, Alkaptonuria terjadi ketika tubuh tidak mampu memecah asam amino tirosin dan fenilalanin dengan baik, sehingga urine penderitanya berwarna hitam kecoklatan ketika terpapar udara.
  • Ataksia Friedreich, Ataksia Friedreich terjadi saat protein jenis frataksin di dalam tubuh berkurang dan memicu kerusakan pada saraf yang mengendalikan kemampuan berjalan dan kerja jantung.
  • Fenilketonuria, Fenilketonuria terjadi ketika kadar asam amino (protein) fenilalanin dalam darah terlalu tinggi.

Maple syrup urine disease (MSUD), Penyakit urine sirup mapel terjadi ketika tubuh tidak mampu menyerap asam amino.

Cara Pengobatan Gangguan Metabolisme

Pengobatan gangguan metabolik bertujuan untuk mengendalikan dan meredakan gejala yang muncul, serta mencegah komplikasi. Pengobatan yang diberikan tergantung pada jenis penyakit dan tingkat keparahan gangguan metabolik yang dialami penderita. Namun anda jug bisa melakukan pencegaah dengan cara sederhana seperti

  • Menjaga berat badan ideal.
  • Mengurangi konsumsi minuman dengan kandungan gula yang tinggi, seperti jus buah kemasan atau minuman soda, serta makanan yang tinggi gula dan lemak.
  • Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan memperbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sayur, gandum utuh, dan buah.
  • Melakukan olahraga secara rutin, setidaknya 30 per menit