Royalmix

Kenali Toksisitas Glukosa, Kondisi Gula Darah Tinggi (Hiperglikemia) Kronis

Apa Saja Sebenarnya yang Menjadi Penyebab Infeksi Maupun Penyakit Pasca Operasi Caesar

Gula darah tinggi atau hiperglikemia belum tentu menandakan bahwa memiliki diabetes. Siapapun bisa saja memilii kadar gula darah tinggi dalam kondisi tertentu. Tidak hanya diabetes, kadar gula darah tinggi juga bisa disebabkan karena toksisitas glukosa. Lalu apa itu toksisitas glukosa?

Baca Juga : Apa Saja Sebenarnya yang Menjadi Penyebab Infeksi Maupun Penyakit Pasca Operasi Caesar

Toksisitas glukosa atau glucotoxicity merupakan kondisi tingginya kadar gula darah dalam jangka panjang (kronis) sehingga mengakibatkan kerusakan sel beta dalam pankreas secara permanen. Kondisi ini kemudian menyebabkan penurunan produksi hormon insulin.

Fungsi dariSel beta sendiri adalah untuk  membantu tubuh  menghasilkan dan melepaskan hormon insulin. Insulin berfungsi membantu penyerapan glukosa atau gulah darah ke dalam sel tubuh sehingga sel dapat mengubahnya menjadi energi. Proses metabolisme gula darah dengan bantuan insulin ini membantu menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal. Jika kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia, kemampuan sel beta dalam menghasilkan insulin akan turun.

Kondisi gula darah tinggi seperti ini ini belum tentu menunjukan bahwa terkena diabetes. Namun, memang ada potensi berisiko tinggi mengalami diabetes atau dapat dikatakan  prediabetes.

Dalam ilmu kedokteran dijelaskan bahwa toksisitas gula darah merupakan kondisi yang dapat mengarah pada penyakit diabetes tipe 2. Pasalnya, toksisitas glukosa juga dapat menyebabkan resistensi insulin yang merupakan faktor penyebab dari diabetes tipe 2.

Kondisi ini menyebabkan sel beta terus-menerus melepaskan insulin ke dalam aliran darah. Sel beta yang bekerja terlalu keras lama kelamaan akan lemah dan fungsi kerjanya akan menurun hingga akhirnya menyebabkan kerusakan secara permanen.

Tanda dan Gejala Toksisitas Glukosa

Untuk mengenal apa itu Toksisitas Glukosa, maka harus mengetahui gejala sebagai berikut,  Sering merasa haus, Sering buang air kecil, Penglihatan kabur, Kelelahan, Sakit kepala, Mulut kering, Luka sulit sembuh

Untuk itu segera periksakan jika memiliki gejala tersebut dengan mengecek kadar gula darah dan insulin secara teratur.vHiperglikemia kronis bisa ditandai dengan kadar gula darah yang bisa mencapai 240 (mg/dL) dalam waktu lama. Apabila ini terjadi, segera temui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut atau minum suplemen yang dapat membantu penurunan kadar gula darah dalam tubuh.