Royalmix

Langkah Mudah untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Darah tinggi atau hipertensi sering kali tidak memiliki gejala apa apa pada penderitanya, hal ini yang membuat penderita hipertensi harus waspada. Karena dengan tekanan darah tinggi akan berpoteni mempunyai penyakit seperti jantung dan stroke. Tekanan darah tergantung pada berapa banyak darah yang dipompa menuju jantung sesuai dengan ukuran arteri, semakin sempit arteri maka semakin tinggi tekanan darah ke jantung.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tentunya dipengaruhi oleh gaya hidup yang cukup signifikan mempengaruhi. Tekanan darah yang berada di bawah 120/80 mmHg dianggap normal. Sedangkan jika angkanya mencapai lebih dari 130/80 mmHg dianggap mengalami tekanan darah tinggi. Salah satu cara yang efektif untuk mengelola tekanan darah tetap normal adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat  dan mengkonsumsi makanan sehat yang bagus untuk kesehatan .

Baca Juga : Kandungan Makanan Herbal Untuk Ibu Menyusui

Berikut adalah gaya hidup atau langkan untuk mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa dilakukan supaya, tubuh tetap terjaga dari hipertensi.

Olahraga Teratur

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dapat menurunkan tekanan darah sekitar 5-8 mmHg bagi penderita tekanan darah tinggi. Pastikan untuk berolahraga setidaknya 150 menit seminggu atau sekitar 30 menit setiap harinya. Yang terpenting adalah untuk tetap konsisten melakukan aktivitas olahraga. Olahraga ringan dan murah yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah antara lain seperti jalan kaki, jogging, bersepeda atau  berenang

Pertahankan Berat Badan Ideal

Dengan berolahraga juga bisa mempertahankan berat bada ideal. Karena obesitas dan banyak makan berlemak akan menambah tekanan darah dalam tubuh. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea) yang nantinya dapat meningkatkan tekanan. Usahakan untuk selalu mempertahankan Body Mass Index atau antara tinggi dan berat badan harus seimbang dengan pola makan dan olahraga teratur.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehata untuk menstabilkan tekanan darah adalah makanan yang kaya biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak serta mengurangi lemak jenuh dan kolesterol. Pertimbangkan pula untuk mengonsumsi makanan yang kaya potasium karena dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Jika perlu, berikan suplemen pada tubuh seperti Kapsul Ikan Khutuk yang dapat membantu menstabilkan kolesterol dalam tubuh.

Kurangi Asupan Natrium

Natrium atau makanan yang mengandung garam merupakan penyebab utama tekanan darah tinggi. Jika memiliki hipertensi diharapkan dapat mengurangi bahkan menghindari makanan yang tinggi natrium seperti, makanan olahan, makanan cepat saji atau makanan yang diawetkan.

Hindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Para pecinta minuman keras, Selain tidak baik untuk lamung, Alkohol dapat memicu peningkatan tekanan darah. Selain itu juga bagi para pecandu rokok sebaiknya berhenti merokok. Karena dengan berhenti merokok tentunya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi.