Royalmix

1

Langkah yang Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Keinginan untuk melahirkan secara normal adalah cita cita etiap ibu hamil, akan tetapi kondisi medis tertentu membuat setiap ibu hami harus menerima ketika dokter menganjurkan untuk operasi Caesar. Sakit yang dirasakan pada saat operasi Caesar berbeda dengan sakit yang dirasakan saat melahirkan secara normal. Pada umumnya operasi Caesar justru sakitnya pada saat pasca operasi selesai.

Lalu apa saja yang  harus dilakukan pada ibu si bayi pasca menjalani operasi Caesar? Mungkin sebagian dari anda yang sudah mengalaminya bertanya-tanya, kenapa sakit yang dirasakan pasca operasi lebih lama sembuhnya? Atau kapan bisa merasakan hingga sembuh secara total?

Rasa sakit yang muncul saat operasi caesar biasanya tidak sesakit proses melahirkan normal. Akan tetapi, rasa sakit tersebut berbanding terbalik pasca operasi sesar. Tidak sedikit ibu yang mengeluh baru merasakan sakit pada area perut setelah operasi caesar .

Total berapa lama waktu hingga benar-benar pulih pasca perasi Caesar terkgantung dari masing-masing ibu, hal ini dikarenakan karena kondisi fisik setiap ibu berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa sakit setelah operasi Caesar hingga sembuh total ini bisa disebabkan oleh pengaruh obat bius (anestesi) yang lama-lama menghilang. Bahkan ada yang bisa sembuh dalam kurun waktu 4-6 minggu, tapi ada juga yang masih mengalami nyeri di sayatan luka bekas operasi caesar hingga satu tahun setelah operasi.

Baca Juga : Ternyata Ini Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

Tips Pasca Menjalani Operasi Caesar

Seorang wanita yang melahirkan secara normal, akan merasakan sakit pada saat proses persalinan saja. Bebeda dengan yang menjalani operasi Caesar, seorang ibu bisa merasakan kondisi normal pasca operasi bisa dalam kurun waktu 4-6 minggu bahkan lebih, hal ini tergantung dari fisik masing-masing ibu si bayi pasca operasi.

Rasa sakit akan dirasakan setelahnya. Si Ibu juga tidak bisa beraktivitas seperti biasa selama masa pemulihan operasi caesar, yaitu sekitar empat hingga enam minggu untuk sembuh total.

Nah, Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus Anda ketahui usai menjalani operasi caesar.

  • Usai operasi Caesar, Si Ibu akan merasakan sakit pada saat berjalan. Meski begitu, usahakan untuk berjalan sedikit demi sedikit. Dengan berjalan, Si Ibu dapat melancarkan aliran darah dan membantu mencegah sembelit dan pembekuan darah.
  • Hindari aktivitas berat seperti bersepeda, lari, angkat beban, aerobik, sit-up, dan olahraga lainnya selama enam minggu, hingga mendapatkan persetujuan dari dokter. Usahakan tidur yang cukup. Ketika tubuh sudah merasa lelah, beristirahatlah.
  • Hindari mengangkat barang-barang yang lebih berat dari Si Bayi hingga dokter mengizinkannya. Rata-rata Hal ini bisa dilakukan setelah 6 minggu
  • Ketika batuk atau mengambil napas dalam-dalam, taruh bantal pada luka sayatan pada perut. Hal itu bisa mengurangi rasa nyeri pada sayatan.
  • Bersihkan luka sayatan pasca operasi setiap hari dengan air hangat dan sabun, namun hindari produk pembersih, seperti hidrogen peroksida, karena bisa memperlambat penyembuhan luka. Setelahnya keringkan dengan handuk bersih. Balut luka dengan kain kasa jika luka basah atau bergesekan dengan pakaian. Ganti kain kasa tiap hari. Usahakan daerah sekitar luka selalu dalam keadaan kering.
  • Selain itu tanyakan kepada dokter, kapan Si Ibu bisa mulai beraktivitas secara normal, sepeti naik sepeda motor, menyetir hingga berhubungan seks kembali.
  • Minum vitamin atau makanan yang membantu proses pengeringan luka pasca operasi Caesar sesuai dengan anjuran dokter

Perjuangan melawan sakit, baik saat melahirkan secara normal atau setelah operasi Caesar, seakan terbayarkan dengan hadirnya sang buah hati tercinta. Jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter kandungan, proses persalinan mana yang paling tepat bagi calon sibuah hati.