Royalmix

Makan Makanan Bergizi Mendukung Pola Hidup Sehat

Makanan bergizi dan pola hidup sehat adalah impian setiap orang, khususnya bagi mereka yang memiliki mobilitas hidup sangat tinggi. Pasalnya, pola makan yang tepat dapat membantu mencapai berat badan ideal dan mengurangi resiko penyakit kronis seperti, kanker, kardiovaskular hingga diabetes.

Selain olah raga teratur dan pola hidup sehat, makanan bergizi sangat mendukung untuk meningkatkan kesehatan secara fisik hingga suasana hati. Nutrisi yang cukup, aktivitas yang tidak berlebihan dan istirahat yang cukup hingga berat badan yang seimbang adalah bagian penting dari mendapatkan hidup yang berkualitas secara jasmani.

Mengkonsumsi makanan bergisi merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat. Karena dengan mengkonsumsi makanan tersebut artinya apa yang dimakan adalah menghilangkan makanan yang disukai. Pola makanan bergizi yang sehat adalah keseimbangan antara protein, lemak karbohidrat, serat, vitamin dan mineral. Karena makanan-makanan tersebut adalah makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga : Apa itu Diabetes dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Jadi makanan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh supaya pola hidup menjadi sehat, berikut adalah makanan yang harus dikonsumsi supaya menjaga pola hidup tetap sehat :

Serat

Makanan seperti biji-bijian , buah, sayuran dan kacang-kacangan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Tidak hanya itu saja, makanan yang mengandung serat juga dapat bermanfaat bagi kulit, bahkan membantu menurunkan berat badan.

Protein

Protein adalah makanan yang bisa  memberikan manfaat baik untuk tubuh, sekaligus mendukung suasana hati dan fungsi kognitif yang baik. Namun, terlalu banyak mengonsumsi protein juga bisa berbahaya, khususnya bagi mereka yang mempunyai penyakit ginjal. Selain itu, perlu diketahui juga sumber protein tidak hanya berasal dari produk hewani, tetapi juga nabati.

Lemak

Tidak semua lemak itu sama ada lemak jahat, ada pula lemak yang baik. Lemak baik melindungi otak dan jantung seperti halnya Omega 3 yang sangat penting untuk kesehatan fisik secara emosional.

Kalsium

Kekurangan kalsium akan menyebabkan osteoporosis dari segi fisik. selain itu, kekurangan kalsium dalam makanan juga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan kesulitan tidur. Keju, yogurt, almond, tahu adalah jenis makanan yang mengandung kalsium. Jadi perbanyaklah makan makanan tersebut.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama tubuh. Karbohidrat kompleks seperti sayuran, biji-bijian, dan buah lebih disarankan untuk dikonsumsi ketimbang produk olahan. Mengurangi konsumsi roti putih, kue kering, pati, dan gula dapat mencegah lonjakan gula darah dan dapat memicu diabetes, fluktuasi suasana hati, energi, dan penumpukan lemak, terutama di sekitar lingkar pinggang.