Royalmix

Manfaat Beras Kencur Untuk Ibu Hamil

Bagi para pecinta jamu, tentunya sudah tidak asing dengan namanya beras kencur. Kencur merupakan salah satu jamu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan kencur juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil yang ingin tetap sehat dengan cara alami, kencur dapat menjadi salah satu herbal yang dikonsumsi secara rutin. Karena bagi ibu hamil, manfaat kencur juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan psikis.

Baca juga : Gaya Hidup untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

Lalu apa saja sebenearnya manfaat kencur bagi kesehatan baik fisik dan psikis untuk ibu hamil, berikut adalah manfaat kencur untuk ibu hamil :

Menenangkan Kondisi Psikis

Ibu yang sedang hamil biasanya memiliki emosi yang tidak stabil yang dikarenakan ada beberapa perubahan yang ada ditubuhnya. Belum lagi masalah yang membuatnya stress dan sulit mengambil waktu untuk beristirahat. Untuk itu dengan mengonsumsi ekstrak kencur, kondisi psikis ibu hamil yang sedang tidak stabil bisa kembali tenang. Sebab, ada sebuah riset yang mengatakan bahwa ekstrak kencur yang dikonsumsi secara rutin dapat meringankan gejala stres, gelisah dan depresi.

Meningkatkan Nafsu Makan

Mannfaat beras kencur berikutnya bagi ibu hamil adalah untuk memenuhi kecukupan gizi. Ibu hamil wajib memenuhi kecukupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat agar daya tahan tubuh optimal dan janin berkembang sempurna. Kenapa haus beras kencur? Karena sebagian ibu hamil kehilangan nafsu makan akibat mual dan muntah sehingga berisiko kekurangan gizi selama kehamilan. Untuk itu salah satu solusi dari masalah tersebut adalah mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin. Supaya nafsu makannya bertambah.

Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Batuk

Ibu hamil tidak semuanya boleh mengkonsumsi obat seperti obat batuk, obat pereda nyeri, antibiotik dan obat dengan kandungan bahan kimia lainnya. Karena sangat berperngaruh untuk perkembangan janin. Dengan mengkonsumsi beras kencur maka nyeri tenggorokan pada ibu hamil bisa direda tanpa adanya efek samping yang berperngaruh pada janin.

Meredakan Nyeri dan Bengkak

Rata-rata ibu hamil akan mengalami nyeri dan pembekakan dibagian beberapa tubuh seperti kaki, pinggang dan beberapa bagian lainnya. Untuk meringankan rasa nyeri, pegal, dan bengkak itu, ibu hamil bisa mengandalkan manfaat beras kencur. Bahkan, ketika saat ibu hamil mengalami sakit kepala dan sakit perut, kencur juga bisa menjadi solusinya.

Mencegah Hipertensi atau Preeklampsia

Kencur dipercaya bisa mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil. Itu artinya, kencur juga bisa membantu mencegah terjadinya preeclampsia yang sering terjadi pada ibu hamil.Preeklampsia adalah suatu komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan dapat disertai kerusakan organ-organ (ginjal dan hati). Perlu diketahui Preeklampsia umumnya terjadi setelah usia kehamilan di atas 20 minggu.