Royalmix

Manfaat Lecithin Lemak yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Manfaat Lecithin, Lemak yang  Bermanfaat Bagi Tibuh

Tidak semuanya zat berlemak yang ada merupakan lemak jahat. Ada juga lemak yang bermanfaat bagi tubuh yaitu Lecithin. Lecithin adalah zat berlemak ditemukan pada jaringan tanaman maupun hewan.  Justru lemak Lecithin ini digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dan gangguan sistem pencernaan, Pada umumnya lecithin juga digunakan dalam produk makanan, kosmetik, dan obat-obatan.

Rata-rata tubuh manusia juga sangat membutuhkan zat Lecithin tersebut. Lecithin yang berasal dari tanaman dan hewan yang biasanya dikemas dalam bentuk suplemen atau produk kecantikan. Lalu seperti apakah manfaat Lecithin bagi manusia? Berikut penjelasannya :

Menurunkan Kolesterol

Manfaat Lecithin yang paling penting adalah mampu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa suplemen lecithin yang diambil dari kacang kedelai mampu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL dari dalam tubuh Untuk itulah lecithin dan kedelai dianggap sebagai zat yang mampu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat lecithin selanjutnya adalah menyehatkan jantung, yang diambil dari kedelai. Menurut sebuah riset, para partisipan yang mengonsumsi produk kacang kedelai dengan bahan lecithin, berhasil meningkatkan kesehatan jantungnya, terutama mereka yang dihantui risiko penyakit kardiovaskular.

Membantu Ibu Menyusui

Bagi ibu hamil, tersumbatnya saluran air susu ibu (ASI) adalah hal serius bagi si bayi yang bisa menghambat pola makan bayi tersebut. Untuk itu lecithin adalah “obat alami” yang bisa mencegah penyumbatan ASI. Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi lecithin sebanyak 1,200 miligram empat kali dalam sehari

Baca Juga  : Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Mempercantik Kulit

Bagi yang ingin tampil cantik, Lecithin memang menjadi salah satu bahan populer dalam produk kecantikan. Sebab, lecithin dipercaya bisa menghaluskan kulit dengan menjaga hidrasi. Selain itu, lecithin juga digunakan dalam obat eksim dan jerawat.

Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan

Bagi yang mempunyai masalah pencernakan ataua usus dan lambung, Manfaat lecithin dalam meningkatkan kinerja sistem pencernaan sudah diuji pada para penderita kolitis ulseratif (penyakit radang usus yang menyebabkan luka di saluran pencernaan). Dengan mengkonsumsi Lichetin bisa meningkatkan kemampuan lendir di usus untuk membuat proses pencernaan lebih lancar dan melindungi lapisan sistem pencernaan.