Royalmix

Manfaat Menyusui Bagi Bayu Pasca Operasi Caesar

Manfaat Menyusui Bagi Bayi Pasca Operasi Caesar

Pasca operasi Caesar, menyusui merupakan salah satu cara sang ibu untuk lebih dekat dengan sikecil. Selain itu menyusui juga dapat mengurangi rasa sedih dan penyesalan pada sang ibu yang melahirkan secara Caesar. Tentunya dengan cara menyusui dapat memberikan kepuasan pada sang ibu sendiri karena telah memberikan ASI yang terbaik untuk bayinya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menyusui Pasca Operasi Caesar Bagi Ibu dan Bayi

Meyusui juga sangat erat bergantungnya dengan kesehatan pada Bayi, salah satunya adalah sebagai peningkatan imunitas. Berikut adalah manfaat penting memberikan ASI untuk sikecil khususnya setelah Operasi Caesar:

Melindungi Si Kecil Dari Infeksi Penyakit Di Awal Kehidupannya

Usai persalinan biasanya tubuh ibu akan memproduksi ASI. ASI yang kental dan berwarna putih kekuningaan lebih banyak mengandung protein dan sedikit mengandung karbohidrat serta lemak, inilah yang sangat dibutuhkan untuk si kecil.

ASI atau Kolostrum (Keluaran ASI Pertama) yang berperan penting dalam memberikan tubuh dan nutrisi yang ideal untuk si Kecil yang baru lahir. Selain itu, kolostrum juga kaya akan immunoglobulin A (IgA) yang mampu melindungi tubuh si Kecil dari infeksi penyakit.

Meningkatkan Ikatan Antara Mama Dan Si Kecil

Secara batin, menyusui juga dapat memiliki dampak psikologis baik untuk sang ibu bayi. Selain itu menyusui juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, kognitif, emosional anak yang termasuk daya ingat, kemampuan bahasa dan kecerdasan yang lebih baik, Perkembangan proses mielinisasi otak atau otak sel yang lebih cepat agresivitas dan temperamen pada anak yang bisa lebih terkontrol.

Sedangkan pada Si Ibu, menyusui dapat mengurangi laporan, moodnegatif, dan stres. Ibu menyusui juga memiliki pola tidur yang lebih lama dan berkualitas dibandingkan ibu yang hanya memberikan susu formula pada bayinya.

Mendukung Sistem Imunitas Tubuh Selama Masa Pertumbuhannya

Rata-rata pasca operasi Caesar, biasanya si bayi Kehilangan kesempatan untuk mendapatkan paparan bakteri baik dari jalur lahir yang dapat membantu mendukung imunitasnya. Disinilah si Bayi membutuhkan probiotik atau bakteri baik lima kali lebih banyak, sehingga mempersembahkan ASI merupakan solusi utama untuk mendukung imunitasnya.

Faktor probiotik dapat mendukung imunitas dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Seperti Bifidobacterium dan Lactobacillus yang berperan untuk mencegah infeksi penyakit, dan mengurangi risiko alergi, asma dan penyakit kronis lainnya.

Hal ini karena ASI memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk meninjau imunitas si Kecil yang terlahir caesar, seperti probiotik dan prebiotik. Kombinasi probiotik dan prebiotik juga mampu mengembalikan kolonisasi bakteri baik pada saluran cerna si Kecil yang terlahir caesar agar imunitas tubuhnya menjadi optimal.

Untuk menjaga kesehatan ibu pasca operasi caesar, hendaknya juga minum suplemen untuk menjaga tubuh tetap vit dan luka operasi caesar cepat kering