Royalmix

Menerapkap Gaya Hidup Sehat Untuk Tulang Sendi dan Otot Hingga Usia Senja

Menerapkap Gaya Hidup Sehat Untuk Tulang, Sendi dan Otot Hingga Usia Senja

Hidup sehat hingga usia senja adalah impian setiap orang, menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu hal yang harus dilakukan supaya dimasa tua nanti bisa hidup lebih nyaman. Seperti dalam peribahasa “ apa yang kau tanam, itulah yang kau tuai” ini juga berlaku saat menerapkan pola hidup sehat sejak muda.

Jika ingin memiliki tulang, sendi, dan otot yang sehat hingga usia tua nanti, maka  sudah harus menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi khususnya untuk kebutuhan tulang, sendi, dan otot. Nutrisi yang dibutuhkan antara lain protein, kalsium, magnesium, kolagen, serta vitamin B , C, D, dan E.

Selain rajin berolahraga, berikut adalah bebeapa makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari :

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau, mengandung banyak zat gizi, terutama sebagai sumber protein nabati. Protein adalah bahan dasar pembentukan tulang dan otot. Di samping itu, kacang-kacangan tersebut kaya akan mineral, seperti kalsium, vitamin B, dan vitamin C.

Buah dan Sayuran

Supaya tubuh selalu mendapatan nutrisi yang bagus, untuk itu buah dan sayuran adalah wajib hukumnya. Manfaat dari buah dan sayuran memang tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali vitamin dan zat gizi lainnya yang tekandung di buah dan sayuran.

Bayam misalnya, bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik. Satu mangkuk  bayam matang mengandung sekitar 25 persen dari kebutuhan kalsium harian. Ditambah lagi dengan kandungan serat, zat besi, dan vitamin A yang juga terdapat di bayam.

Untuk buah, salah satu yang paling disarankan adalah jeruk atau buah segar seperti apel dan eer. Buah jeruk yang mengandung vitamin C hingga 95 miligram. Jumlah yang dibutuhkan tubuh untuk seharian penuh. Vitamin C sendiri berguna dalam membantu pembentukan dan sebagai nutrisi pemeliharaan jaringan kolagen yang berperan pada kesehatan sendi termasuk kulit.

Produk Susu

Selain susu murni, produk turunan susu seperti yogut dan merupakan sumber kalsium yang baik. Yogurt bisa menjadi sumber Vitamin D dan kalsium yang tinggi. Kebutuhan kalsium juga bisa dibantu dari asupan keju. Satu lembar keju yang diluar pasaran dapat memenuhi sekitar 18 persen kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Susunya sendiri tentu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Satu gelas susu bisa mencukupi kebutuhan kalsium Anda hingga 30 persen. Terlebih lagi, sekarang ada pilihan  susu yang khusus  mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot.

Baca Juga : Beberapa Hal Ini Juga Bisa Picu Kontraksi Pada Kehamilan

Susu juga mengandung kalsium, protein, magnesium, zinc, serta vitamin B6, B12, C, D, dan E, dengan kolagen peptide, yang berfungsi memberikan bahan dasar untuk pembangunan, proses fisiologis hingga perlindungan terhadap tulang, sendi, dan otot supaya tidak terjadi kerusakan jaringan akibat oksidasi dan inflamasi.