Royalmix

Mengintip Khasiat Daun Seledri Untuk Penderita Diabetes hingga Bumil

Mengintip  Khasiat Daun Seledri Untuk Penderita Diabetes hingga Bumil

Daun seledri merupakan daun dengan aroma yang sangat khas, dan biasanya di campur untuk masakan seperti sop. Namun berbeda apabila dikonsumsi langsung, aroma dan rasanya mungkin agak aneh. Namun taukah ibu hamil? Jika daun seledri sendiri sangat bermanfaat untuk kehamilan.

Baca Juga : Ini Dia Manfaat Jika Kita Sering Berjalan Kaki

Aroma daun seledri yang khas mungkin tidak terlalu mengenakkan untuk dikonsumsi langsung. Tapi tahukah Bunda, bahwa ternyata daun seledri sangat bermanfaat untuk kehamilan?

Daun seledri sendiri merupakan sayuran yang sangat rendah kalori. Satu batang  hanya mengandung 9 kalori dan terdiri dari 60 persen air. Selain itu, dalam satu batang seledri juga mengandung sejumlah vitamin K, vitamin A, folat, dan kalium sehingga baik untuk ibu hamil

Khasiat penyembuhan pada seledri disebabkan adanya flavonoid dan polifenol dalam sayuran yang terbukti mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker, diabetes, dan banyak lagi.

Daun seledri merupakan sayuran berdaun hijau yang diperkaya dengan banyak manfaat kesehatan. Daun seledri merupakan sumber makanan yang kaya enzim bermanfaat, antioksidan, dan nutrisi lain termasuk vitamin B6, vitamin C, vitamin K, dan kalium serta folat.

Khususnya bagi Ibu hamil, memberikan asupan harian daun seledri juga diperlukan. Sebelum mengkonsumsi sebaiknya dibersihkan dan dicuci terlebih dahulu hingga bersih untuk menghilangkan bakteri dan mikroba berbahaya lainnya yang mungkin menempel di daun seledri.

Berikut ini beberapa manfaat daun seledri yang perlu a ketahui :

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Daun Seledri mengandung Phthalides yang dapat memicu proses sekresi empedu dan berakibat meminimalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, seledri juga membantu menghilangkan kolesterol dalam darah dan memperlancar buang air besar.

Meningkatkan Kesehatan Sendi

Daun Seledri berfungsi mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitar persendian selama masa kehamilan. Selain itu, sifat diuretik alami menghilangkan kristal asam urat, di sekitar persendian dan menghilangkan ketidaknyamanan sekitar sendi.

Berperan Sebagai Diuretik

Kandungan mineral esensial dalam seledri seperti natrium dan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan selama kehamilan. Untuk itu Seledri berfungsi sebagai diuretik alami dan mencegah risiko retensi air di dalam tubuh.

Mengontrol Tekanan Darah

Adanya phthalides dalam seledri dapat membantu mengurangi hormon yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, seledri juga dapat mengurangi risiko stroke, permasalahan terkait jantung, dan aterosklerosis.