Royalmix

Minuman Herbal yang Baik Untuk Ibu Hamil

Minuman herbal adalah salah satu alternative untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Para orang tua jaman dulu banyak yang menyarankan para ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatannya dengan minum jamu jamu tradisional. Namun, minum jamu tradisional saat hamil tentu tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa kandungan didalamnya yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Saat ini, jamu tidak hanya diandalkan sebagai obat alami atau obat alternatif pengganti obat Jamu yang kamu minum sebaiknya berasal dari tanaman alami dan sudah terbukti memiliki manfaat untuk kehamilan.

Baca Juga : Langkah Mudah untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Ibu hamil dapat membuat jamu tadisional sendiri melalui tanaman herbal yang sudah disediakan di alam. Berikut merupakan Minuman Herbal yang Baik Untuk Ibu Hamil

dan bisa dokonsumsi kapan saja selama masa kehamilah menjaga kesehatan sang ibu.

Daun Mint, Dapat Mengatasi Perut Kembung

Daun Mint sangat bermanfaat untuk dikonsumsi pada masa awal kehamilan. Daun mint yang dicampur dengan Teh dapat membantu menenangkan otot perut, mengatasi perut kembung, dan mengurangi rasa mual dan muntah yang biasanya dialami ibu hamil di trimester awal. Selain bermanfaat untuk perut, daun mint yang memberi kesegaran di mulut, membuat daun mint cocok ditambahkan ke dalam bermacam jenis makanan dan minuman, seperti salad dan es krim.

Jahe, Untuk Meredam Morning Sickness

Selain daun Mint, Jahe juga mempunyai sama untuk perut. Jahe mampu mengatasi mual dan pusing yang umum dialami oleh ibu hamil di trimester pertama. Untuk mengurangi morning sickness selama kehamilan, jahe menjadi salah satu tanaman herbal yang dianggap ampuh untuk meredakan mual dan pusing khususnya saat dipagi hari.

Selain itu  jahe juga memberikan efek menenangkan dan merelaksasi, sehingga ibu hamil akan senantiasa merasa tenang selama menjalani kehamilan. Kandungan anti-inflamasi di dalamnya juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol, sakit tenggorokan, dan mengatasi sakit tenggorokan.

Cara mengkonsumsi jahe hendaknya dibuat wedang lalu dicampurkan dengan perasan air lemon, madu dan daun mint.

Chamomile, Meningkatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Rata-rata ibu yang hamil susah tidur pada malah harinya. Untuk itu minumlah the Chamomile di malam hari. Chamomile mengandung flavonoid yang memberikan efek menenangkan bagi tubuh, sehingga ibu akan lebih mudah mengantuk.

Caranya cukup seduh bunga chamomile yang sudah dikeringkan dengan air mendidih. Rasa dan aroma bunga chamomile yang menyegarkan juga dapat membuat tubuh lebih rileks, sehingga mencegah ibu dari stres dan depresi selama kehamilan.

Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan dan Hilangkan Nyeri Tenggorokan

Kencur atau biasa disebut beras kencur mempunyai manfaat untuk ibu hamil. Campuran beras, kencur, gula, dan asam jawa dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil yang kadang berkurang karena mual.

Namun mengkonsumsi beras kencur hendaknya berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsinya tidak berlebihan. Cara mengkonsumsi beras kencurpun harus ekstrak asli  bukan beras kencur kemasan. Bagi ibu hami Kencur juga mempunyai efek menenangkan, aromanya yang segar akan membuat ibu hamil teasa lebih rileks dan mengurangi sakit kepala.

Daun Raspberry, Untuk Kelancaran Persalinan

Raspberry dikenal akan kaya mineral, dan bermanfaat untuk mendukung kehamilan yang sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun raspberry dapat diolah menjadi jamu karena dapat mengurangi komplikasi yang terjadi selama kehamilan, sehingga meningkatkan peluang kelancaran persalinan.

Cara mengkonsumsinya sebaiknya campurkan daun Raspberry ini dengan daun mint, jahe, dan madu. Tempatkan campuran tanaman herbal tersebut ke dalam kantong teh, lalu seduh dengan menggunakan air mendidih.