Royalmix

Minuman Untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Bagi penderita diabetes, pola makan sehari hari harus sangat diperhatikan, khususnya bagi mereka yang kelebihan kadar glukosa dalam tubuhnya. Rata- rata penderita diabetes melitus diwajibkan memilih minuman yang mengandung kalori rendah atau bahkan tidak ada kalori sama sekali. Hal ini guna mencegah lonjakan gula darah meningkat drastis setelah mengonsumsinya.

Baca Juga : Jenis Infeksi ini Bisa Mengancam Penderita Diabetes Berisiko Tinggi

Lalu apa saja minuman yang aman dikonsumsi untuk para penderita diabetes, berikut adalah minuman yang aman dikonsumsi untuk penderita penyakit gula darah :

Air Putih

Kadar gula darah yang meningkat tinggi justru bisa menyebabkan dehidrasi. Itu sebabnya, diabetesi sebaiknya perlu mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan di tubuh.

Jus Buah

Jus buah sangat dianjurkan untuk penderita diabetes, asalkan tidak ditambahkan gula didalamnya. Pilihlah jus buah murni tanpa pemanis tambahann, baik alami maupun buatan. Selain itu, lebih bai lagi jika jus buah dicampur dengan sayuran adalah makanan yang dianjurkan sebagai makanan untuk diabetes. Campurkan sayuran berdaun hijau seperti  seledri atau mentimun untuk tambahan serat, vitamin dan mineral adalah sayuran yang sangat dianjurkan.

Teh

Teh adalah minuman yang sangat umun dijumpai di Indonesia, jenis teh apa pun bisa diminum oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes asalkan tanpa gula. Hindari memberli minuman teh kemasan karena cenderung memiliki kadar gula yang tinggi.

Kopi

Sama halnya dengan Teh, Kopi juga aman untuk para penderita diabete.  Bahkan untuk mencegah diabetes mellitus, kopi hitam murni tanpa tambahan apapun adalah minuman yang sangat dianjurkan. Hindari kopi dengan menambahkan susu, krim, atau gula ke dalam kopi, karena dapat meningkatkan jumlah kalori secara keseluruhan dan akan sangat berdampak pada kadar gula darah.

Susu Rendah Lemak

Susu mengandung zat-zat mineral yang penting untuk tubuh, tapi susu tetap tersusun atas karbohidrat yang mempengaruhi kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes, hendaknya untuk memilih susu tanpa pemanis, susu rendah lemak, atau susu skim. Meskipun Susu diperbolehka, hendaknya minum susu rendah lemah hanya 1-2 gelas dalam sehari.