Royalmix

Pada Masa Pertumuhan Anak-Anak Sebaiknya Banyak Makan Ikan, Ini Manfaatnya

Pada Masa Pertumbuhan Anak-Anak Sebaiknya Banyak Makan Ikan, Ini Manfaatnya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil laut, ikan dikenal sebagai salah satu sumber pendapatan besar di negeri ini, untuk itu ikan yang seharusnya menjadi salah satu kebutuhan protein yang tinggi bagi anak anak Indonesia. Meski demikian, konsumsi ikan di Indonesia masih rendah, padahal Pada masa pertumbuhan, anak yang sebaiknya makan ikan yang kaya akan manfaat.

Baca Juga : Manfaat Lecithin, Lemak yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Ikan sendiri sebenarnya lebih mengandung lemak dan protein yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan makan daging dan ayam. Lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam.

Berikut ini merupakan manfaat dari mengonsumsi ikan bagi pertumbuhan anak:

Membantu Pertumbuhan, Pertumbuhan Otak Dan Tulang Anak

Kandungan protein yang tinggi pada ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak. Selain itu juga terdapat kalsium, vitamin D dan zat fosfor yang digunakan untuk pertumbuhan tulang. Ikan juga kaya akan vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium. Semua vitamin dan mineral tersebut tentu sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara total.

Mencegah Resiko Penyakit Jantung Sejak Dini

Mengkonsumsi ikan setidaknya 2 kali per minggu sebagai bagian dari diet sehat bagi orang dewasa. Sedangkan bagi anak anak ikan juga membantu mencegah penyakit jantung sejak dini. Untuk itu ibu yang sedang hamil yang sedang hamilnya juga banyak memakan ikan bagi si kecil yang ada didalam kandungan untuk mencegah kelainan jantung sikecil saat melahirkan.

Jika sejak kecil dibiasakan makan kaya akan omega 3 (seperti ikan gabus, tuna, sarden, salmon, trout, dan mackerel) dapat mengurangi kadar lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Penyakit Risiko Penyakit Alzheimer Sejak Dini

Ternyata tidak hanya orang tua saja yang bisa mengalami penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak – anak yang makan ikan dengan cara dipanggang memiliki volume otak yang lebih besar dan otak yang lebih besar di wilayah otak yang bisa ingatan dan belajar. Untuk itu volume otak lebih besar memiliki risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

Menghindari Anak dari Stres

TIdak hanya orang dewasa, anak – anak pun bisa mengalami stress dan depresi depresi. Dengan mengkonsumsi ikan yang mengndung asam lemak omega 3 maka dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan. Asam lemak omega 3 dalam ikan juga dapat membantu mengatasi gangguan mental lainnya, seperti gangguan bipolar.

Mengurangi Asma Pada Anak

Menurut beberapa penelitian, memakan ikan secara teratur, atau paling tidak tiga kali dalam krisis yang mampu terkena serangan asma. Untuk itu banyak manfaat konsumsi ekstrak ikan atau ikan yang diolah secara sehat yang mampu menghindarkan anak-anak dari penyakit Asma.