Royalmix

1

Penelitian Kandungan Ikan Gabus yang Diyakini Mampu Mencegah Penularan Virus Covid 19

Akhir-akhir ini banyak peneliti yang sedang berlomba-lomba untuk menemukan obat Covid 19 atau Corona. Meskipun bukan merupakan obat utama, namun diharapkan mampu mencegah dan mengurangi gejala dari penularan virus corona tersebut. Salah satu obat yang sempat di teliti adalah ekstrak ikan gabus.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, Mereka memanfaatkan ikan gabus dengan mengkombinasikan dengan temulawak serta meniran. Para peneliti dari USU tersebut meyakini kombinasi dari ketiganya mampu  menaikkan kadar albumin yang berperan sebagai agen pencegahan peradangan dan koagulasi ketika seseorang terinfeksi COVID-19.

Formula ekstrak ikan gabus, temulawak, dan meniran juga akan diinovasi lebih lanjut menjadi produk obat atau suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta pencegahan virus corona. Selain digadang-gadang sebagai pencegahan Virus Covid 19, Kandungan ekstrak ikan gabus bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Perlu diketahui bahwa dalam 150 gram ikan gabus mengandung nutrisi seperti :

  • Kalori: 118 kalori
  • Protein: 20 gram
  • Lemak: 4 gram
  • Besi: 2% dari kebutuhan harian
  • Kalsium: 6% dari kebutuhan harian
  • Air: 69 gram
  • Vitamin A: 150 milligram
  • Vitamin B: 0,04 miligram

Nantinya apabila berhasil dikembangkan, obat dengan kandungan manfaat ekstrak ikan gabus akan diproduksi secara massal. Selain sebagai sebagai peningkatan imun ikan gabus berpotensi menjadi obat terapeutik yang mengandung sifat antijamur dan antibakteri untuk mengatasi penyakit menular seperti Covid 19

Baca Juga : Manfaat Suplemen yang Mengandung Kolagen Untuk Wanita Biar Tetap Cantik

Meskipun tidak langsung membasmi strain penyebab penyakit menular, manfaat antijamur dan antibakteri pada ekstrak ikan gabus dianggap cukup baik untuk pengobatan pada manusia. Sebab, ketika diuji, ekstrak ikan gabus tidak menimbulkan efek samping apa pun.