Royalmix

Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes

Bagi para penderita diabetes, mengkonsumsi makanan sehari hari memang harus sangat diperhatikan. Jangan mencoba sembarangan mengkonsumsi makanan jika tidak ingin penyakit diabetes semakin parah. Memilih makanan yang tepat adalah hal yang harus di jaga untuk menjaga kestabilan gula darah dan menjadi kunci utama supaya penderita diabetes bisa hidup sehat.

Baca juga : Hal yang Mengisyaratkan Tubuh Kekurangan Protein dan Albumin

Makanan mengandung glukosa yang akan berguna bagi tubuh sebagai sumber energi. Namun tidak semua makanan yang dikonsumsi umumnya akan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh bagi penderita diabetes, Untuk itu penderita diabetes rata-rata menghindari makanan yang tinggi gula. Umumnya, para penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik (IG) adalah ukuran yang menunjukkan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik rendah berarti membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses menjadi glukosa di dalam tubuh. Dengan begitu, gula darah akan cenderung relatif stabil.  Berikut ini adalah daftar makanan penurun gula darah dan juga memiliki indeks glikemik rendah untuk penderita diabetes :

Gandum Murni (Gandum Utuh)

Whole grain alias biji-bijian utuh merupakan salah satu makanan paling sehat untuk diabetes. Salah satu varian whole grain yang banyak difavoritkan dalam diet diabetes adalah gandum utuh (whole wheat). Gandum utuh termasuk makanan dengan nilai glikemik rendah yang juga tinggi serat. Dua kombinasi menguntungkan ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Selain itu, gandum utuh juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi penderita diabetes.

Beras Merah

Beras merah adalah salah satu solusi makanan pokok khususnya di Indonesia bagi penderita diabetes, selain rendah gula, makaan ini juga bisa sebagai pengganti nasi pada umumnya. Beras merah tidak mengeluarkan glukosa yang banyak, seperti beras biasa yang saat dalam keadaan panas maupun hangat kadar glukosanya sangat tinggi.

Sayuran Berdaun Hijau

Banyak sekali sayuran dengan daun hijau yang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi bagi penderita diabetes. Sayuran hijau mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah. Kedua antioksidan tersebut dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak. Kedua kondisi ini merupakan gangguan penglihatan akibat komplikasi diabetes yang paling umum dialami. Sayuran seperti Brokoli, Bayam, Sawi, Bok choy dan Kubis adalah makanan yang tepat untuk penderita diabetes

Jagung Mentah

Jagung memiliki nilai glikemik rendah sehingga bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes. Cara masaknya sebaiknya dimakan dalam keadaam mentah. Bila tidak terbiasa, jagung bisa di rebus setengah matang supaya mengurangi kadar glukosa yang keluar dari jagung. Selain itu, Jagung mentah juga mengandung serat dan pati (jenis karbohidrat kompleks) yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini membuat kadar gula darah tidak begitu cepat naik setelah makan. Jagung juga termasuk makanan yang proses pencernaannya lama, sehingga  membuat perut kenyang lebih lama.

Ubi Jalar

Ubi adalah makanan tradisional yang sering ditemui di Indonesia. Selain mengenyangkan, ubi jalar menjadi makanan yang memberi manfaat baik untuk mengendalikan gula darah penderita diabetes. Kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium dalam makanan ini juga baik untuk penyakit diabetes. Bagi penderita diabetes, Ubi jalar bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, atau ditumbuk.

Kacang-kacangan

Penderita diabetes pada umumnya tidak tahan akan rasa lapar. Salah satu solusinya adalah ngemil kacang-kacangan. Kacang merupakan pilihan makanan atau camilan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Kacang kaya serat dan protein dan juga juga mengandung karbohidrat kompleks serta termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Kacang-kacangan yang aman dikonsumsi dengan index gula rendah adalah sepeti Kacang almond, Kacang kenari, Kacang mete, Kacang pistachio, Kacang tanah dan Kacang merah.

Ikan Segar

Tidak hanya kaya akan protein, ikan ternyata juga jadi salah satu makanan kaya khasiat untuk diabetes. Terlebih jenis ikan yang mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal maupun lemak tak jenuh ganda. Diet tinggi lemak sehat dapat membantu mengendalikan gula darah sekaligus menekan kadar lipid (lemak darah) pada orang dengan diabetes. Ikan juga dapat membantu menurunkan gula darah adalah makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, seperti Ikan salmon, Ikan tuna, Ikan kembung

.Pastikan cara mengelola ikan ikan tersebut dengan cara dipanggang, dipepes, atau dijadikan sup bukan di goreng.