Royalmix

1

Waspadai Jika Tubuh Kekurangan Zat Albumin

Albumin merupakan kandungan protein yang berada pada darah dan membentuk sebagain besar plasma darah. Fungsi Albumin sendri adalah menjaga tekanan pada pembuluh darah dan mengangkut hormone dan obat-obatan. Albumin tersebut akan mengikat zat-zat tersebut dan menyebarkannya keseluruh tubuh manusia. Jadi zat ini sangatlah penting bagi manusia.

Bila anda kekurangan zat Albumin maka akan terjadi peradangan  pada seluuh tubuh dikarenakan tidak adanya cukup protein atau kalori di dalam makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Kekurangan albumin bisa dikatakan sebagai pengidap hipoalbuminemia.

Hipoalbuminemia bisa menjadi masalah besar bil ditemukan setelah mendapatkan operasi atau sehabis dirawat di ruang gawat darurat. Tubuh yang kekurangan albumin dan tidak segera diobati dapat meningkatkan beberapa kondisi fatal seperti Efusi Pleura, Ascites dan Atrofi Otot. Oleh karena itu pastikan anda segera mungkin memeriksakan diri jika merasakan gejala tersebut.

Baca Juga  : Khasiat Sehat Royal Jelly Untuk Kecantikan dan Kesuburan Wanita

Nah, berikut adalah gangguan yang terjadi didalam tubuh jika kekurangan Zat Albumin:

Ascites

Pertama yaitu Ascites, Ascites merupakan dampak dari hipoalbuminemia. Seseorang yang mengidap gangguan ini disebabkan oleh penumpukan cairan antara selaput dinding perut dan organ dalam atau disebut juga rongga peritoneal. Gangguan ini dapat terjadi saat kadar albumin dalam tubuh rendah, sehingga cairan dapat bocor ke rongga tersebut.Untuk itu, peran albumin sangat penting di dalam tubuh agar tetap normal.

Efusi Pleura

Efusi pleura merupakan ganguan adanya air yang terdapat di paru-paru. Gangguan ini terjadi saat terdapat penumpukan cairan yang berlebihan di ruang antara paru-paru dan rongga dada. Saat tubuh kekurangan protein tersebut, kebocoran pada paru-paru dapat terjadi. Gangguan ini dapat menimbulkan kondisi yang serius bahkan mampu meningkatkan risiko terkait kematian.

Atrofi Otot

Dampak kekurangan Albumin lainnya adalah mengalami atrofi otot. Gangugan ini biasanya terjadi ke mereka yang kurang aktivitas fisik seperti olahraga. Akan tetapi juga dapat terjadi karena hipoalbuminemia. Kekurangan Albumin dapat menyebabkan jaringan otot mengecil dan membuat lebih cekung serta terlihat tidak simetris. contohnya jika terjadi pada kaki maka akan sulit untuk berjalan.